Research Small Grant

Dana Hibah Penelitian Mengenai Konservasi Harimau Sumatera

Upaya penyelamatan dan pelestarian harimau sumatera perlu didasari dengan ketersedian data dan informasi yang akurat dan terkini yang didapatkan dengan menggunakan metode yang terstandarisasi dan diakui oleh umum. Sejalan dengan hal tersebut, kemajuan dan inovasi baik dalam hal metode, maupun sarana pendukung secara dinamis terus berkembang untuk mengoptimalkan penelitian dan menghasilkan data yang valid.

Saat ini, data dan informasi yang tesedia masih terbatas dari sisi kuantitas maupun kualitasnya. Pun sebagian besar data tersebut berasal dari beberapa lokasi yang memang intens dilakukan penelitian atau lokasi yang terkelola. Konservasi harimau sumatera tidak hanya difokuskan pada permasalahan ekologis saja, aspek sosial maupun kebijakan perlu lebih banyak dikaji dan dikembangkan untuk memperkuat dasar pengambilan kebijakan dalam konservasi harimau sumatera.

Forum HarimauKita (FHK) adalah organisasi terdepan dalam konservasi harimau di Indonesia dan mendukung program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam program peningkatkan kapasitas dan peran para pihak dalam konservasi harimau. Melalui proyek Transforming Effectiveness of Biodiversity Management on Sumatran Priority Landscapes – GEF UNDP, FHK menyediakan dana hibah penelitian mengenai konservasi harimau sumatera bagi mahasiswa Indonesia dengan skema kompetisi, harapannya program ini dapat meningkatkan keterlibatan akademisi yang diharapkan dapat menjadi kader konservasi harimau sumatera.

Skema Kompetisi

Ketentuan Umum:

a. Dana penelitian yang akan disediakan per satu proposal adalah sebesar maksimum Rp. 25.000.000,00 (dua puluh lima juta rupiah).

b. Proposal dan penelitian diajukan oleh mahasiswa S1 dan S2 Indonesia yang sedang mengerjakan tugas akhir (Skripsi /Thesis).

c. Mendapatkan rekomendasi dari dosen pembimbing dan universitas (fakultas/jurusan).

d. Topik penelitian yang dapat diajukan antara lain adalah:

i. Ekologi Harimau Sumatera

ii. Konflik Manusia-Harimau

iii. Penyakit Satwa Liar

iv. Penguatan dan pemberdayaan budaya masyarakat terkait konservasi harimau sumatera serta aspek antropologi, sosial dan ekonomi yang berkenaan dengan harimau sumatera.

v. Kebijakan dan peraturan terkait konservasi harimau sumatera

vi. Inovasi dan modifikasi teknologi yang mendukung konservasi harimau sumatera

e. Lokasi utama penelitian, namun tidak terbatas, di beberapa lansekap berikut:

i. Leuser – Ulu Masen

ii. Kerinci Seblat

iii. Berbak – Sembilang; dan

iv. Bukit Barisan Selatan.

f. Durasi penelitian selama 4 bulan dengan kisaran waktu: 2 minggu persiapan, 12 minggu (3 bulan) penelitian dan 2 minggu pelaporan.

g. Dana penelitian yang disediakan hanya dapat dipergunakan untuk keperluan berikut:

i. Perijinan

ii. Transportasi dari dan ke lokasi penelitian

iii. Akomodasi dan konsumsi selama penelitian

iv. Peralatan dan bahan penelitian habis pakai

v. Peminjaman/sewa peralatan penelitian

vi. Analisa lanjutan (dengan arahan panitia)

Dana ini tidak dapat untuk membiayai:

i. Biaya honor/gaji tim peneliti.

ii. Biaya registrasi, perjalanan dalam rangka menghadiri acara workshop, seminar dan sejenisnya.

iii. Pembayaran lobbying, pembelian rokok, minuman berakohol, pembelian senjata api, senapan angin, narkotika dan obat-obatan terlarang dan/atau mendanai aktifitas terorisme dan gerakan separatisme.

Pengelola dana hibah dapat memberhentikan dan/atau meminta kembali dana yang sudah disalurkan jika terbukti penggunaan dana hibah digunakan untuk kepentingan lain yang tidak sesuai dengan kesepakatan yang tercantum dalam kontrak dan rencana penelitian.

Pengeluaran yang tidak tercantum dalam kriteria di atas, dapat didiskusikan kemudian dengan pengelola dana hibah tanpa melanggar ketentuan yang ada.

Kriteria Seleksi

1. Proposal penelitian harus mengandung salah satu atau lebih topik penelitian yang ditentukan oleh Forum HarimauKita (FHK)

2. Lokasi penelitian dilakukan di satu atau lebih dari lokasi yang ditetapkan. Lokasi penelitian di tempat lain akan dipertimbangkan kemudian.

3. Fokus pada isu yang terkait harimau sumatera

4. Dengan jelas menerangkan desain penelitian. Metode yang digunakan harus sesuai dan dapat pertanyaan penelitian. Dapat menggunakan metode kuantitatif, kualititatif atau campuran.

5. Mengeksplorasi isu, topik dan metode yang unik dan orsinil. Desain penelitian yang orsinil akan lebih diutamakan.

Tata Waktu

1. Batas penerimaan aplikasi : 12 Oktober 2018

2. Pengumuman penerimaan aplikasi : 18 Oktober 2018

3. Wawancara dan pelatihan “Penulisan Proposal dan Publikasi Ilmiah”: 24 – 28 Oktober 2018

4. Batas peneriman proposal: 10 November 2018

5. Pengumuman penerimaan dana hibah: 15 November 2018

6. Pelaporan penelitian: maksimum 4 bulan setelah dana hibah diterima atau selambat-lambatnya tanggal 20 Maret 2019.

Informasi lengkap terkait mekanisme Dana Hibah Penelitian Harimau Sumatera dapat dilihat di dokumen Pengumuman Aplikasi Dana Hibah/Request for Application

 

Nara Hubung

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi

HarimauKita : 0813-8565-3987

Laksmi Datu Bahaduri: datu.bahaduri@harimaukita.or.id

Erwin Wilianto : rsg.harimaukita@gmail.com

Formulir Research Small Grant Forum HarimauKita (RSG-FHK)

Demos

Layout

Wide
Boxed

Nav Mode