Menhut: Indonesia Hijau 30 Tahun Lagi

Photo by: @andyps
TANGERANG, KOMPAS.com – Presiden Susilo Bambang Yudhono dan Wakil Presiden Boediono menghadiri acara puncak peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional 2012 di Komplek Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, Rabu (28/11/2012).
Ikut hadir Ibu Negara Ny Ani Yudhoyono, Ibu Wakil Presiden Ny Herawati, jajaran menteri dan wakil menteri, pimpinan lembaga negara, kepala daerah, politisi DPR dan DPD, duta besar negara sahabat, pelaku usaha, organisasi kemasyarakatan, pelajar, dan lainnya.
Dalam GMPI ini, Yudhoyono menanam batang pohon Manglid, Ny Ani menanam Sempur, Boediono menanam Tanjung, Ny Herawati menanam Kenari, dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menanam Cempaka. Para undangan juga ikut menanam pohon di kawasan hutan kota.
Zulkifli mengatakan, laju deforestasi dan degradasi hutan di Indonesia telah menurun. Dalam periode 1996-2003 , laju deforestasi mencapai 3,5 juta hektare. Saat ini, kata dia, hanya 450 ribu hektare yang terdiri dari 320 ribu hektare di dalam kawasan hutan dan 130 ribu hektare di luar kawasan hutan.
Menhut mengklaim, sejak program menanam pohon minimal 1 miliar pohon setahun dimulai pada 2010 , telah ditanam sekitar 3,5 miliar batang pohon di wilayah Indonesia. Pada 2010 telah ditanam sebanyak 1,3 miliar pohon, 2011 sebanyak 1,5 miliar.
“Pada tahun 2012 , sampai akhir Oktober telah ditanam 732 juta batang pohon. Kami yakin sampai akhir tahun dapat melebihi target satu miliar pohon yang telah ditetapkan Presiden,” kata Menhut.
Melihat budaya menanam di masyarakat, Menhut yakin bahwa Indonesia hijau dapat tercapat pada 25-30 tahun mendatang. Menhut juga mengapresiasi para kepala daerah yang berusaha mewujudkan ruang terbuka hijau 30 persen dari luas wilayah.
Diharapkan gerakan menanam ini dapat mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor, kekeringan berkepanjangan, kondisi cuaca ekstrim, terganggunya sistem tata air daerah aliran sungai, dan lainnya.
Dalam acara itu, diberikan penghargaan kepada para kepala daerah yang memenangkan lomba penanaman satu milyar pohon tahun 2011 . Mereka, yakni Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Bupati Grobongan Bambang Pudjiono, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, Bupati Minahasa Utara Sompie Singal, dan lainnya.
Selain itu, diserahkan juga surat keputusan ijin usaha pemanfaatan hutan tanaman rakyat serta penghargaan kepada pelaku usaha non kehutanan, kelompok masyarakat, perguruan tinggi, dan lainnya.
 
 
Repost :www.kompas.com