Menhut Dukung Perpanjangan Moratorium Tebang Hutan

Photo by: @andyps
Jakarta (ANTARA News) – Untuk menjaga kawasan konservasi hutan, Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan mendukung perpanjangan moratorium izin tebang hutan yang akan berakhir Mei 2013. 
“Pada prinsipnya saya setuju (moratorium) dilanjutkan,” kata Menhut usai membuka pameran 5th Indogreen Forestry Expo 2013 di Jakarta, Kamis.
Dalam pandangannya moratorium tersebut berdampak baik untuk menjaga kawasan konservasi hutan dan banyak pihak mendukung moratorium dilanjutkan termasuk dari LSM. 
Namun, pihaknya masih menunggu instruksi presiden (Inpres) terkait perpanjangan moratorium tersebut. Sebelumnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan Inpres Nomor 10/2011 mengenai penundaan izin tebang hutan sementara selama dua tahun untuk kawasan hutan primer dan lahan gambut. 
Menhut menjelaskan pemberlakuan moratorium bukan untuk menghambat investasi pada sektor kehutanan. “Moratorium bukan untuk meniadakan satu dengan yang lain. Investasi kehutanan tetap tumbuh tapi ditata agar lingkungan tetap baik,” katanya. 
Namun ia  enggan menyebutkan waktu perpanjangan bila moratorium nanti dilanjutkan.


Leave a Reply