Kelas Konservasi Seri #3

Karir dan Jenjang Pendidikan di Dunia Konservasi Satwa Liar

Generasi muda mewarisi sumberdaya alam yang ada saat ini serta menjadi tumpuan tata kelola konservasi ke depannya. Dalam dunia konservasi kehadiran generasi muda menjadi penting dikarenakan tipikal mereka yang aktif, fleksibel dan berani. Semangat tersebut sangat dibutuhkan untuk terus melalukan inovasi dan mencari alternatif untuk mengatasi masalah yang ada di dunia konservasi khususnya satwa liar.

Pada kenyataannya, ada beberapa hal yang masih menjadi kesenjangan antara generasi muda dengan para praktisi yang sudah cukup lama bergelut dalam dunia konservasi satwa liar.  Kesenjangan tersebut di antaranya adalah jangkauan pengetahuan, jaringan dan pengalaman. Ketiga hal tersebut bisa dicapai dengan berproses melalui pekerjaan dan pengalaman yang berkaitan dengan dunia konservasi.

Kita tahu bahwa dengan besarnya sumberdaya alam yang ada di negeri ini tentu juga membuka peluang untuk berkarir di dunia konservasi. Kebutuhan sumberdaya manusia dari lembaga konservasi satwa liar terkadang terkendala minimnya generasi muda yang memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan. Ada juga kemudian yang memenuhi kualifikasi namun tidak tertarik karena prospek karir dalam dunia konservasi yang dirasa tidak menjanjikan.

Pendidikan yang tinggi tidak serta merta menjadi faktor penentu yang memudahkan untuk berkarir di dunia konservasi satwa liar.  Peluang berkarir di dunia konservasi malahan lebih sering mengutamakan kualifikasi individu dengan pengalaman dengan periode yang terbilang lama. Karir dan pendidikan memang berhubungan erat namun tidak lantas berbanding lurus. Dua hal tersebut berbeda karena pendidikan hanya salah satu cara untuk mendapatkan karir yang lebih baik, memiliki daya tangkap dan analisa yang lebih baik.

Kelas Konservasi Seri #3 yang diadakan oleh Forum HarimauKita akan membahas mengenai “Karir dan Jenjang Pendidikan yang Ada di Dunia Konservasi Satwa Liar”. Generasi muda perlu tahu bagaimana relasi antara karir dan jenjang pendidikan, mana yang lebih dulu diprioritaskan serta mendapatkan gambaran secara umum bagaimana berproses untuk meningkatkan kemampuan diri di dunia konservasi.

Forum HarimauKita

Contact person

Yanuar Ishaq Dc
+6285736018871

Seri Kelas #3

 “Karir dan Jenjang Pendidikan di Dunia Konservasi Satwa Liar

Pemateri : Drh. Ahmad Faisal M.Res

Peserta  : Anak Muda (18 – 35 tahun)

Kapasitas kelas : 12 peserta

Hari, tanggal : Sabtu, 28 Oktober 2017

Tempat : Rumah Belajar HarimauKita

Jl. Samiaji III, No. 10 Bantarjati Bogor

Profil Pemateri

Drh. Ahmad Faisal M.Res

Seorang dokter hewan dan konservasionis yang bekerja di lembaga konservasi Zoological Society of London (ZSL) Indonesia Program sebagai Tiger Protection Coordinator, selain itu juga merupakan anggota dari Forum HarimauKita.  Ahmad Faisal mengambil gelar dokter hewan dari Univeritas Gadjah Mada di tahun 2003 – 2009 lalu melanjutkan program Magister Wildlife Conservation di University of Southampton, Inggris pada tahun 2014-2015. Beliau adalah salah satu penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia tahun 2014 dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dibawah naungan Kementerian Keuangan dan juga terseleksi sebagai alternate candidate beasiswa Fulbright tahun 2015-2016.