Jalur Perdagangan Ilegal Harimau Sumatera

Ilustrasi jalur perdagangan ilegal harimau sumatera
© Gary /Beritagar.id

Beritagar.id || Jumat, 29 Juli 2016

 

Angka populasi harimau sumatera terus menurun drastis hingga 70% dalam kurun waktu 25 tahun terakhir. Hilangnya habitat asli akibat penebangan liar dan pembakaran hutan serta perdagangan liar diduga kuat menjadi penyebab utama harimau sumatera berada di ambang kepunahan saat ini.

Oleh karena itu, Forum HarimauKita–forum yang mewadahi para pekerja dan ahli konservasi harimau sumatera di seluruh Sumatera–bekerja sama dengan beberapa NGO mengyelenggarakan Peringatan Hari Konservasi Harimau Sedunia atau Global Tiger Day pada bulan Juli 2016 di beberapa kota wilayah Sumatera hingga Jawa.

Acara yang mengangkat tema “Hukuman Berat Pelaku Perdagangan Harimau Sumatera” dengan tagline #BuruPemburu ini bertujuan mengajak dan mendorong agar penegakan hukum bagi pelaku perburuan, perdagangan, dan peredaran harimau lebih peka dan bisa memberikan efek jera.

Global Tiger Day regional akan diselenggarakan pada 31 Juli 2016 di beberapa kota sekaligus, yakni Banda Aceh, Medan, Padang, Jambi, Palembang, Bandar Lampung, dan Purwokerto. Sedangkan Global Tiger Day pusat akan diselenggarakan di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta Utara pada 27 Agustus 2016. Acara ini akan diramaikan dengan beberapa kegiatan menarik, seperti pertunjukan musik, senam pagi, flash mob, hingga story telling dan fund raising.

Bagi Anda yang ingin turut serta mendukung gerakan ini bisa ikut ambil bagian meramaikan acara Global Tiger Day di kota Anda.

Catatan redaksi: Beritagar.id adalah mitra media acara Global Tiger Day 2016



Leave a Reply