Global Tiger Day

Peringatan Hari Harimau Sedunia atau Global Tiger Day (GTD) merupakan peringatan tahunan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap konservasi harimau di dunia. Peringatan ini disepakati pada pertemuan tingkat tinggi di Saint Petersburg dalam Tiger Summit pada tanggal 29 Juli 2010, dilandasi dengan kondisi populasi harimau yang mendekati kepunahan. Sejak tahun 2013, GTD telah diselenggarakan di Indonesia yakni di beberapa kota di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa dengan melibatkan lembaga-lembaga penggiat konservasi yang berkomitmen membantu pelestarian satwa kharismatik ini melalui TigerHeart (jaringan relawan Forum HarimauKita), mahasiswa dan masyarakat umum. Salah satu tujuan peringatan GTD, sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Kehutanan Nomor 45 tahun 2007 tentang Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Harimau Sumatera adalah untuk untuk meningkatkan dukungan masyarakat terhadap upaya konservasi harimau baik di dalam maupun pada tataran global.

Rangkaian Kegiatan Perayaan GTD 2017

Dialog Publik Konservasi Harimau Sumatera

Dialog publik merupakan sebagai wadah atau sarana untuk memperkuat komitmen pemerintah, masyarakat dan para pihak yang terkait dalam menghentikan perburuan dan memperberat hukuman bagi pelaku perburuan-perdagangan Harimau Sumatera di Indonesia. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di 2 kota di Sumatera yakni di Jambi pada tanggal 13 Juli 2017 dan di Banda Aceh pada tanggal 20 Juli 2017. Tema atau isu yang akan diangkat pada dialog publik  tersebut sesuai dengan isu yang berkembang dan sedang marak mengenai Harimau Sumatera di 2 kota tersebut. Sasaran dialog publik adalah pemerintah (khususnya kehakiman, kejaksaan, pemerintah daerah dan KLHK), LSM, mahasiswa, masyarakat dan media untuk mendapatkan dukungan dan perhatian mengenai konservasi perlindungan Harimau Sumatera

Sapu Jerat

Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang memiliki jumlah kejadian konflik cukup tinggi dan juga merupakan salah satu sumber harimau yang diperdagangkan. FHK bermaksud menghimpun tenaga dan waktu para relawan untuk membantu BKSDA setempat dalam upaya mencegah tingginya konflik dan perburuan. Kegiatan ini akan diikuti oleh relawan tim PHS (Penyelamatan Harimau Sumatera) bersama penggiat konservasi, mahasiswa, relawan, BKSDA (Polhut, PPNS, dll) dan masyarakat sekitar kawasan,  yang dalam pelaksanaannya di dukung oleh Balai KSDA dan NGO. Tim relawan akan mencari atau sterilisasi “sweeping” jerat yang di pasang oleh pemburu guna mengurangi Harimau Sumatera terkena jerat.Kegiatan sapu jerat akan dilaksanakan di Bengkulu pada lanskap TNKS dan lanskap BBRS dengan peserta 20-30 relawan yang memiliki hobi/minat menjelah hutan serta pegiat konservasi.

Kultwit (Kuliah Twitter) Harimau

Kultwit adalah kuliah twitter dengan ciri sederetan tweet yang beruntun membahas satu topik tertentu. Topik yang akan digunakan dalam Kultwit GTD terbagi menjadi beberapa pilihan yang telah disediakan. Tweet pada kultwit juga diberi nomor untuk menandakan urutan baca tweet. Serial tweet tentang Harimau Sumatera maksimal 20 tweet dengan pilihan topik yakni bioekologi harimau sumatera, perburuan dan perdagangan Harimau Sumatera, konflik manusia-harimau, dan masa depan harimau. Cuitan bisa berbentuk teks maupun imbuhan gambar, grafik atau infografis. Pada setiap cuitan, peserta kultwit wajib menambahkan tagar yang sudah kami sediakan yakni #Time4Tigers #KultwitHarimau #GlobalTigerDay. Sepuluh akun dengan kultwit terbaik dan terpilih akan mendapatkan souvenir menarik dari Global Tiger Day. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyuarakan konservasi Harimau Sumatera dan GTD seluas-luasnya kepada masyarakat umum.

Lomba Menulis Essay Tingkat SMA

Kompetisi menulis essay bagi siswa SMA ini mengangkat isu tentang perdagangan Harimau Sumatera yang terancam punah. Bentuk tulisannya yakni dalam bentuk opini dan feature. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa keingintahuan dan kecintaan generasi muda terhadap Harimau Sumatera. Selain itu juga untuk menyebarluaskan isu tentang upaya konservasi Harimau Sumatera di kalangan remaja dan anak muda. Naskah tulisan akan diseleksi oleh tim juri per provinsi di sumatera. Tiga naskah terbaik tiap provinsi selanjutnya akan diseleksi dan ditinjau oleh Forum HarimauKita. Pengumuman pemenang masing-masing akan ditampilkan di website FHK (www.harimaukita.or.id). Seluruh pemenang akan mendapatkan uang tunai, souvenir serta sertifikat yang ditandatangani oleh Dirjen KSDAE KLHK dan Ketua FHK. Dua orang pemenang akan diberi kesempatan untuk diundang pada Konferensi Konservasi Karnivora Indonesia di Bogor.

Twibbon

Aplikasi twibbon digunakan untuk mendukung kampanye Global Tiger Day 2017 dengan mengubah profile picture akun sosial media  sesuai template yang disediakan. Dengan mengubah profil picture harapannya akan banyak orang yang melihat kampanye global tiger day. Semakin banyak yang menggunakan pada profil picture nya maka akan smeakin luas pesan kampanye tersalurkan.

Talkshow di Radio

Metode kampanye dengan talkshow di radio yang dilakukan untuk menyebarkan informasi secara langsung mengenai Harimau Sumatera dan kegiatan Global Tiger Day. Kegiatan ini akan dikoordinir oleh penanggung jawab TigerHeart masing-masing wilayah dengan narasumber yang direkomendasikan oleh Forum HarimauKita.

Social Media Engagement

Penyelenggara telah berkolaborasi dengan tokoh masyarakat, artis maupun akun media sosial mempunyai pengikut yang banyak atau dikenal dengan buzzer. Mereka  diharapakan dapat menarik banyak orang di media sosial untuk  terlibat dalam perayaan Global Tiger Day 2017. Dengan keterlibatan banyak orang dalam sosial media (social media engagement)  diharapkan dapat mempengaruhi atau memberikan informasi mengenai Harimau Sumatera. Setiap buzzer yang sudah ditunjuk akan mengunggah materi/karya masing-masing terkait dengan isu Harimau Sumatera. Bahan atau materi kampanye untuk media sosial (buzzer) akan disediakan oleh Forum HarimauKita

Lomba Videografi Harimau Sumatera

Kompetisi videografi berupa video, gambar maupun animasi yang berisi edukasi mengenai harimau sumatera.

Caption This Photo Contest

Lomba untuk memberikan judul/keterangan gambar atau caption pada foto yang diunggah secara online via media sosial. Judul yang paling menarik serta sesuai dengan foto akan mendapatkan hadiah menarik.

Crowdfunding

Mengajak masyarakat umum untuk terlibat langsung dalam upaya penyelamatan harimau sumatera dengan cara mendonasikan dana mereka melalui website kitabisa.com. Dana tersebut akan digunakan untuk kegiatan masyarakat sekitar hutan untuk sapu jerat. Perburuan harimau sumatera kian marak dengan cara memasang jerat di dalam hutan. Sapu jerat adalah salah satu upaya pencegahan dengan menyisir dan membersihkan jeratyang dipasang pemburu di hutan.

Perayaan serempak-puncak GTD 2017

Puncak peringatan GTD 2017 serentak akan diperingati di 10 kota pada 30 Juli 2017. Setiap kota mengadakan kegiatan dalam bentuk perayaan dan memberikan informasi kepada masyarakat umum. Bentuk kampanye dapat berupa  sticker, gelang karet, face painting, dan lain-lain. Puncak GTD 2017 dilaksanakan bersamaan dengan tujuan memberikan gaung yang besar dalam satu momen sehingga melekat di benak masyarakat tentang Hari Harimau Sedunia. Target seluruh partisipan GTD 2017 sebanyak 5000 orang.

Ingin Gabung ?

Ayo semarakkan Global Tiger Day 2017 dengan cara bagikan poster lewat akun sosial media kamu dengan tagar #Time4Tigers. Dukunganmu adalah semangat kita untuk terus menjaga satwa kharismatik warisan dunia, harimau sumatera.