Global Tiger Day 2019, Aksi Kita untuk Harimau Kita #Time4Tigers

Global Tiger Day, dikenal juga sebagai International Tiger Day atau Hari Harimau Sedunia, merupakan sebuah peringatan tahunan yang dirayakan setiap tanggal 29 Juli. Global Tiger Day mulai diperingati pada tahun 2010 sejak diresmikan pada Saint Petersburg Tiger Summit. Peringatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian publik atas isu-isu yang berkaitan dengan konservasi harimau dan habitat alaminya.

Pada tahun 2019, Forum HarimauKita bersama para mitra memperingati Global Tiger Day dengan mengusung tema “Aksi Kita untuk Harimau Kita” dan tagar #Time4Tigers. Rangkaian kegiatan berlangsung dari tanggal 26 Juli hingga 04 Agustus 2019 di sepuluh region di Sumatra dan Jawa, serta melibatkan lebih dari 25 lembaga yang terdiri dari pemerintah, lembaga non-pemerintah, serta pihak swasta dan donor.

Melalui ragam kegiatan yang diikuti berbagai kalangan masyarakat, Forum HarimauKita bersama para mitra berupaya menunjukkan bahwa aksi untuk melindungi dan melestarikan harimau sumatra dapat dilakukan oleh siapa saja. Tanggung jawab untuk peduli terhadap nasib satwa eksotik kebanggaan masyarakat Indonesia tersebut tidak hanya terletak pada pundak para pegiat konservasi. Seluruh lapisan masyarakat, dari mulai siswa sekolah hingga pejabat pemerintahan, memiliki kesempatan untuk ikut serta memperjuangkan kelangsungan hidup harimau sumatra.

Momen Global Tiger Day 2019 ini diharapkan dapat menjadi pengingat bahwa aksi kita untuk harimau kita harus terus dipertahankan dan ditingkatkan, agar hingga seratus tahun di masa mendatang, harimau sumatra masih terus bertahan sebagai bukti kebanggaan yang patut dirayakan.



Author: Forum HarimauKita
Sumatran Tiger Conservation Forum

Leave a Reply