Panduan Tiger Heart

Prinsip Dasar

Forum HarimauKita (FHK) yang didirikan pada tanggal 11 Maret 2008 di Lembah Harau, Sumatera Barat sebagai mandat strategi dan rencana aksi konservasi Harimau Sumatera (STRAKOHAS). Forum HarimauKita memiliki visi untuk mendukung pelestarian harimau sumatera  agar hidup harmonis berdampingan dengan masyarakat,  Forum HarimauKita percaya bahwa dukungan dari masyarakat umum telah terbukti berperan penting dalam memperkuat konservasi harimau sumatera dan habitatnya. Sejak didirikan, HarimauKita telah berada di garis depan dalam mempromosikan kesadaran masyarakat umum dengan isu konservasi harimau. Oleh karena itu, HarimauKita telah mengambil langkah penting dengan mengembangkan jaringan relawan dengan nama Tiger Heart untuk mengatur pergerakan masyarakat yang signifikan dalam mendukung konservasi harimau di Indonesia.

Tiger Heart merupakan jaringan relawan (volunteer) Forum HarimauKita yang terbentuk pada tahun 2011 yang mempunyai keinginan kuat dan berkomitmen serta peduli terhadap kelestarian satwaliar dan habitatnya khususnya harimau sumatera. Anggota Tiger Heart terdiri dari berbagai kalangan baik dari mahasiswa, Lembaga Swadaya Masyarakat, lembaga pemerintah dan pihak swasta.

Adapun prinsip dasar Tiger Heart adalah:

  • Tiger Heart berbasis jaringan relawan
  • Tiger Heart melakukan kegiatan secara sukarela dan kolaboratif
  • Kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan yang berhubungan dengan pelestarian harimau sumatera;

Tujuan

Tiger Heart bertujuan untuk mendukung visi Forum HarimauKita dalam upaya pelestarian harimau sumatera agar hidup harmonis berdampingan dengan masyarakat.

Keanggotaan

Tiger Heart beranggotakan dapat berupa individu ataupun lembaga. Anggota Tiger Heart perorangan adalah individu yang telah mengikuti proses Open Recruitment oleh Tiger Heart masing-masing wilayah dan disahkan oleh Forum HarimauKita  dalam SK (Surat Ketetapan) . Sedangkan lembaga adalah organisasi yang melekat pada anggota Tiger Heart atau secara berkelanjutan berpartisipasi dan mendukung kegiatan.

 Keanggotaan individu atau lembaga Tiger Heart bersifat selamanya. Status keanggotaan Tiger Heart akan hilang jika individu atau lembaga tersebut mengajukan pengunduran diri dan atau melakukan tindakan yang bertentangan dengan prinsip-prinsip konservasi.

Mekanisme penerimaan:

1.     Rekruitmen

Rekruitmen anggota individu  dapat dilakukan di universitas, sekolah, forum, atau lembaga lain yang ada di daerah masing-masing.

 

2.     Pengangkatan Anggota Khusus

Pengangkatan anggota diluar rekruitmen yang memiliki kontribusi lebih terhadap upaya konservasi Harimau Sumatra dan habitatnya dapat dilakukan melalui rekomendasi dari Anggota Tiger Heart dan diketahui oleh Forum HarimauKita

 

3.     Pembentukan kepengurusan

Tiger Heart tiap wilayah dipimpin oleh koordinator sesuai dengan keputusan di wilayah masing-masing yang akan menjabat 2 (dua) tahun masa kepengurusan dengan struktur sesuai dengan kebutuhan. Pergantian koordinator dapat dilakukan oleh Tiger Heart wilayah masing-masing. Kepengurusan yang telah terpilih  di lantik melalui surat keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh Forum HarimauKita.

Kedudukan

Tiger Heart berkedudukan di wilayah Sumatera dan Jawa. Saat ini Tiger Heart berkedudukan di 10 kota di Indonesia, yaitu Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, Lampung, Jakarta dan Purwokerto. Kedudukan Tiger Heart dapat bertambah di kota lainnya sesuai dengan ketersediaan dan kesediaan sumber daya manusia atas persetujuan Forum HarimauKita.

Hak dan Kewajiban

Adapun Hak anggota Tiger Heart:

  • Mendapatkan pelatihan (capacity building) dari Forum HarimauKita atau lembaga lain yang berkolaborasi dengan Forum HarimauKita untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas anggota Tiger Heart.
  • Mendapatkan kartu anggota sebagai bukti telah melalui proses seleksi.
  • Ikut serta memberikan masukan pada proses pembuatan keputusan terhadap kegiatan yang dilakukan.

Kewajiban anggota Tiger Heart diantaranya

  • Aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan Tiger Heart.
  • Bertanggungjawab atas segala kegiatan.
  • Berkoordinasi dengan Forum HarimauKita.
  • Menjaga informasi yang bersifat rahasia terkait harimau sumatera.
  • Anggota Tiger Heart berkewajiban memberikan pelatihan terhadap anggota Tiger Heart di wilayahnya masing-masing.
  • Koordinator Tiger Heart tiap wilayah akan memperbarui-mendata anggota dan memberikan informasi terkini mengenai kegiatan yang Forum HarimauKita.

Bentuk Kegiatan

Dalam perencanaan hingga pelaksanaan kegiatan, Tiger Heart dapat berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Forum HarimauKita melalui representatif wilayah.  Kegiatan yang dapat dilakukan oleh Tiger Heart antara lain:

» Peningkatan kapasitas

Peningkatan kapasitas ini berfungsi untuk meningkatkan kapasitas Tiger Heart untuk mendukung kegiatan yang dilaksanakan, seperti:

  • Pelatihan strategi komunikasi pelestarian satwa
  • Pelatihan tentang teknik survei harimau
  • Pelatihan investigasi dan perdagangan satwa liar

» Penyadartahuan (awareness)

Penyadartahuan kepada masyarakat umum guna menumbuhkan, membina, meningkatkan peran dan kecintaan masyarakat terhadap pelestarian Harimau Sumatra dan segenap faktor pendukungnya serta mengampanyekan isu konservasi. Kegiatan tesebut dapat dilakukan dengan mengunjungi sekolah, universitas, daerah yang dekat dengan konflik seperti tepi hutan, pedesaan, dan perkampungan,  dan atau lembaga lain serta penyadartahuan dalam bentuk Hari Harimau Sedunia (Global Tiger Day).

» Pemantauan Perdagangan Satwa Liar Dilindungi

Pemantauan perdagangan satwa liar dilakukan secara berkala dengan mendata jika ada transaksi perdagangan harimau sumatera secara online (dunia maya) maupun secara langsung (offline)

» Riset

Riset yang terkait dengan harimau sumatera.

» Kegiatan lainnya

Kegiatan lain yang berkaitan dengan perlindungan harimau sumatera dan habitatnya dapat dilaksanakan dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan Forum HarimauKita