Warning: file_get_contents(http://tc.fingerling.org/mo/black5/seokey/getlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 522 Origin Connection Time-out in /backup/harimauk/public_html/index.php on line 3

Warning: array_rand(): Second argument has to be between 1 and the number of elements in the array in /backup/harimauk/public_html/index.php on line 3

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /backup/harimauk/public_html/index.php on line 3
SRAK Harimau Sumatera – Forum HarimauKita
Program_SRAK Harimaui_1

SRAK Harimau Sumatera

Forum HarimauKita yang berperan sebagai forum komunikasi konservasi harimau sumatera di dalam mandat STRAKOHAS berperan aktif dalam memastikan tercapainya tujuan STRAKOHAS

Tentang Program

Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Harimau Sumatera yang disingkat SRAK Harimau Sumatera merupakan dokumen nasional yang dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dokumen ini menjadi landasan hukum serta acuan untuk para pihak dalam upaya pelestarian harimau di Indonesia. SRAK Harimau Sumatera juga merupakan JEMBATAN antara strategi konservasi in-situ maupun ex-situ.

SRAK menjadi pedoman baik secara nasional maupun tingkat tapak dalam kurun waktu 10 tahun. Dokumen ini kemudian menjadi acuan bagi para pihak dalam melakukan kegiatan dan inisiatif terkait konservasi harimau sumatera dan habitatntya.

Tujuan

Forum HarimauKita mengawal SRAK Harimau Sumatera 2020-2029 agar dapat disusun serta dikembangkan sesuai dengan kondisi terkini dengan patokan dapat diimplementasikan oleh para pihak dengan baik.

STRAKOHAS 2007-2017

Konservasi sumberdaya alam di Indonesia merupakan salah satu bagian inti dari pembangunan nasional bidang kehutanan yang bertujuan untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan. Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) adalah salah satu dari 25 spesies yang menjadi sasaran prioritas pemerintah Indonesia.

Tahun 2007 menjadi tonggak sejarah baru upaya konservasi harimau sumatera dimana dibuatnya Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Harimau Sumatera (STRAKOHAS). Dokumen ini dijadikan panduan dan komitmen para pihak termasuk praktisi konservasi harimau sumatera baik Lembaga Swadaya Masyarakat atau Non Governmental Organization (NGO) lokal, NGO internasional dan pemerintah dalam upaya penyelamatan sub spesies harimau terakhir Indonesia ini. Komitmen pemerintah dalam mengupayakan perlindungan dan pelestarian harimau sumatera tertuang melalui Peraturan Menteri Kehutanan (PermenHut) No. P.42/Menhut-IIU/2007 tentang STRAKOHAS 2007-2017.

Dalam mendukung pelaksanaan STRAKOHAS ini pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga telah mengeluarkan beberapa kebijakan termasuk penetapan Program Nasional Pemulihan Harimau (National Tiger Recovery Program – NTRP) dan Indikator Kinerja Khusus (IKK) Ditjen KSDAE untuk peningkatan satwa prioritas termasuk harimau sumatera sebesar 10% sampai tahun 2020.

SRAK Harimau Sumatera 2020-2029

Selama beberapa dekade terakhir ini konservasi harimau digalakkan oleh para pihak untuk melestarikan satu-satunya jenis harimau yang tersisa di Indonesia. Milyaran rupiah telah dikucurkan berbagai pihak untuk ini, namun hingga akhir 2017, berdasarkan evaluasi Strategi dan rencana aksi Konservasi harimau sumatera (STRAKOHAS) 2007-2017, masih banyak pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan dan tantangan yang perlu dihadapi.

Dengan bekal pengetahuan, pengalaman dan dukungan kebijakan yang ada, para pihak bersepakat untuk membuat STRAKOHAS periode berikutnya dengan harapan agar harimau dapat lestari dan hidup berdampingan dengan masyarakat dan pembangunan di pulau Sumatera. Melalui Keputusan Menteri KLHK No. XXXX tahun 2020 tentang Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Harimau Sumatera 2020-2029 ditetapkan pedoman para pihak dalam mengelola hidupan liar di pulau Sumatera. Strategi dan indikator keberhasilan, rencana program dan kegiatan terpadu yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan, kerangka monitoring dan evaluasi berorientasi untuk mencapai tujuan: (1) memastikan populasi harimau di bentang alam-bentang alam dengan ukuran populasi lebih dari 35 individu tetap sintas; (2) meningkatnya populasi harimau di bentang alam dengan ukuran lebih dari 35 individu; bentang alam dengan ukuran kurang dari 35 individu dan daya dukung kurang dari 20 ekor harimau dapat menjadi sumber individu bagi sub-populasi lainnya, serta; (3) meningkatkan investasi konservasi oleh para pihak sejalan dengan kepentingan dan manfaat bersama yang adil, termasuk menjadikan STRAKOHAS 2020-2029 sebagai salah satu acuan kebijakan pembangunan daerah.

Untuk mencapai tujuan tersebut, strategi pengelolaan dirancang dengan pendekatan di bidang sains, manajemen dan kolaborasi sebagai fokus utama pengelolaan. Keberadaan harimau sumatera yang berada tidak hanya di kawasan yang memiliki unit manajemen pun investasi konervasi yang memadai juga menjadi isu strategis yang dipertimbangkan. Dalam STRAKOHAS ini strategi pengelolaan dikategorikan pada tiga isu berdasarkan kondisi pengelolaan bentang alamnya, yaitu: (1) pengelolaan harimau sumatera di bentang alam yang terkelola; (2) pengelolaan harimau di bentang alam yang belum terkelola, dan (3) isu lintas sektoral yang mengintegrasikan seluruh strategi di dua bentang alam tersebut.

Mitra

Rencana Implementasi Program

2020-2029

How can we help You?

Contact us directly by LIVE Chat below.


Warning: file_get_contents(http://tc.fingerling.org/mo/black5/seokey/getlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 522 Origin Connection Time-out in /backup/harimauk/public_html/wp-content/themes/consulting/footer.php on line 141

Warning: array_rand(): Second argument has to be between 1 and the number of elements in the array in /backup/harimauk/public_html/wp-content/themes/consulting/footer.php on line 141

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /backup/harimauk/public_html/wp-content/themes/consulting/footer.php on line 141