Program_SRAK Harimaui_1

SRAK Harimau Sumatera

Forum HarimauKita yang berperan sebagai forum komunikasi konservasi harimau sumatera di dalam mandat STRAKOHAS berperan aktif dalam memastikan tercapainya tujuan STRAKOHAS

Tentang Program

Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Harimau Sumatera yang disingkat SRAK Harimau Sumatera merupakan dokumen nasional yang dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dokumen ini menjadi landasan hukum serta acuan untuk para pihak dalam upaya pelestarian harimau di Indonesia. SRAK Harimau Sumatera juga merupakan JEMBATAN antara strategi konservasi in-situ maupun ex-situ.

SRAK menjadi pedoman baik secara nasional maupun tingkat tapak dalam kurun waktu 10 tahun. Dokumen ini kemudian menjadi acuan bagi para pihak dalam melakukan kegiatan dan inisiatif terkait konservasi harimau sumatera dan habitatntya.

Tujuan

Forum HarimauKita mengawal SRAK Harimau Sumatera 2018-2028 agar dapat disusun serta dikembangkan sesuai dengan kondisi terkini dengan patokan dapat diimplementasikan oleh para pihak dengan baik.

STRAKOHAS 2007-2017

Konservasi sumberdaya alam di Indonesia merupakan salah satu bagian inti dari pembangunan nasional bidang kehutanan yang bertujuan untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan. Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) adalah salah satu dari 25 spesies yang menjadi sasaran prioritas pemerintah Indonesia.

Tahun 2007 menjadi tonggak sejarah baru upaya konservasi harimau sumatera dimana dibuatnya Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Harimau Sumatera (STRAKOHAS). Dokumen ini dijadikan panduan dan komitmen para pihak termasuk praktisi konservasi harimau sumatera baik Lembaga Swadaya Masyarakat atau Non Governmental Organization (NGO) lokal, NGO internasional dan pemerintah dalam upaya penyelamatan sub spesies harimau terakhir Indonesia ini. Komitmen pemerintah dalam mengupayakan perlindungan dan pelestarian harimau sumatera tertuang melalui Peraturan Menteri Kehutanan (PermenHut) No. P.42/Menhut-IIU/2007 tentang STRAKOHAS 2007-2017.

Dalam mendukung pelaksanaan STRAKOHAS ini pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga telah mengeluarkan beberapa kebijakan termasuk penetapan Program Nasional Pemulihan Harimau (National Tiger Recovery Program – NTRP) dan Indikator Kinerja Khusus (IKK) Ditjen KSDAE untuk peningkatan satwa prioritas termasuk harimau sumatera sebesar 10% sampai tahun 2020.

SRAK Harimau Sumatera 2018-2028

Upaya konservasi harimau sumatera sudah mengalami banyak kemajuan sejak pada tahun 2007 dirumuskan Strategi Rencana Aksi Konservasi Harimau Sumatera (STRAKOHAS) 2007-2017 yang melibatkan berbagai pihak terkait. Berbagai macam aksi konservasi telah dilakukan oleh berbagai komponen baik oleh Pemerintah RI, Pemerintah Daerah, LSM, Perguruan Tinggi, Swasta dan masyarakat.

Penghitungan estimasi populasi harimau sumatera juga telah dilakukan dengan permodelan Population Viability Analysis (PVA) dan diperkirakan sebanyak 600-an individu terdistribusi di 23 lanskap di seluruh Sumatera baik itu lanskap tipe kecil, sedang maupun besar sehingga strategi konservasi harimau sumatera selanjutnya dapat direncanakan dengan lebih komprehensif.

Mitra

Rencana Implementasi Program

2018-2028

How can we help You?

Contact us directly by LIVE Chat below.