Tiger Heart Palembang Berbagi Kepedulian tentang Harimau Sumatera

Tiger Heart Palembang menyelenggarakan kegiatan untuk meningkatkan kepedulian tentang harimau sumatera di Gedung Student Center Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang pada hari Sabtu (13/01/2018). Acara berupa diskusi terbuka yang dihadiri oleh 13 orang dari beberapa perguruan tinggi di kota Palembang. “Kegiatan ini bertujuan untuk merangkul teman-teman yang memiliki rasa keingintahuan dan kepedulian terhadap kelangsungan hidup harimau sumatera” ungkap Meylanda Purnamasari, salah satu anggota Tiger Heart Palembang.

Terlihat para peserta sangat antusias saat mendengarkan materi tentang konservasi harimau sumatera dan tantangannya yang disampaikan oleh Tommy Aryanto, yang merupakan anggota sekaligus representatif dari Forum HarimauKita (FHK). Dalam materinya, Tommy juga memberikan¬† pengenalan tentang FHK serta tujuan dari dibentuknya Tiger Heart itu sendiri. “Beruntungnya kita masih memiliki kesempatan untuk turut menjaga kelestarian harimau, karena di Indonesia sendiri hanya harimau sumatera satu-satunya yang tersisa” ucapnya di hadapan peserta. “Harapan saya teman-teman disini selanjutnya bisa menularkan ilmu yang didapatkan buat yang lain juga karena kita ingin Tiger Heart ini bisa menyentuh semua lapisan” tambahnya.

Setelah materi, acarapun dilanjutkan dengan pengenalan Tiger Heart kepada peserta dan diskusi terbuka mengenai hal-hal yang berkaitan dengan harimau. Selain diskusi terbuka dalam acara ini juga dibuka rekruitmen bagi yang tertarik untuk menjadi anggota Tiger Heart Palembang. Ainun Rizka, salah satu peserta mengatakan tujuannya ikut kegiatan ini adalah untuk menambah pengetahuannya mengenai harimau di Indonesia dan mencari tahu alasan mengapa harimau itu benar-benar perlu dilindungi. “Karena saya suka sekali dengan hewan, jadi saya perlu tahu mengapa harimau itu bisa langka” ungkap Rizka yang tertarik bergabung menjadi anggota Tiger Heart. “Dengan bergabung di Tiger Heart, saya ingin membantu menyuarakan kepada masyarakat bahwa harimau sangat perlu kita perhatikan dan lestarikan” tutupnya.

Tiger Heart sendiri merupakan jaringan relawan Forum HarimauKita yang dibentuk sejak tahun 2011 dan sekarang sudah tersebar di 10 kota di Indonesia. Semua kalangan bisa bergabung baik dari universitas, lembaga swadaya masyarakat, perusahaan, lembaga pemerintahan maupun masyarakat umum untuk membantu upaya pelestarian harimau sumatera.

Oleh: Tiger Heart Palembang-Khoirul Anwar

Leave a Reply